Minggu, 01 Januari 2017

RELAY PROTEKSI ARAH PENGHANTAR CIRATA 1 & 2


berbeda dengan penghantar cibinong dan Bandung Selatan , untuk penghantar arah Cirata 1 & 2 menggunakan Relay Proteksi LCD ( Line Current Differential ) sebagai pengaman








                 

Relay differensial merupakan suatu relay yang prinsip kerjanya berdasarkan kesimbangan (
balance ), yang membandingkan arus-arussekunder transformator arus (CT) terpasang pada terminal-terminal peralatan atau instalasi listrik yang diamankan. Penggunaan relay differensial sebagai relay pengaman, antara lain pada generator,transformator daya, bus bar, dan saluran transmisi. 
Prinsip kerja dariRelay Differensial. Sebagaimana disebutkan diatas, Relay differensial adalah suatu alat proteksi yang sangat cepat bekerjanya dan sangatselektif berdasarkan keseimbangan (balance) yaitu perbandingan arusyang mengalir pada kedua sisi saluran melalui suatu perantara yaitutrafo arus (CT). Dalam kondisi normal, arus mengalir melalui peralatanlistrik yang diamankan (generator, transformator dan lain-lainnya).Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dalam bidangkelistrikan, dewasa ini dipasang Relay Differential di setiap GarduInduk dan Pembangkit Listrik. Relay Differential digunakan untuk mendeteksi adanya gangguan baik itu gangguan fasa ke fasa ataupunfasa to ground dan akan memberikan perintah trip kepada circuit braker  jika terdapat gangguan pada alat transmisi, terutama Transformator danGenerator. Cara kerja Relay Differential adalah dengan caramembandingkan arus pada sisi primer dan sisi sekunder. Dalam kondisinormal, jumlah arus yang mengalir melalui peralatan listrik yang di proteksi bersirkulasi melalui loop pada kedua sisi di daerah kerja RelayDifferential tersebut (Id = Ip-Is = 0). 
Jika terjadi gangguan didalam 1 daerah kerja Relay Difernsial, maka arus dari kedua sisi akan saling menjumlah dan relay akan memberi perintah kepada circuit breaker untuk memutuskan arus. Dengan adanya alat ini, diharapkan kita dapatmewujudkan sistem tenaga listrik yang lebih terjamin dalam halkeamanan dan kehandalan sehingga tidak membahayakan manusia danlingkungannya, serta memperkecil resiko kerusakan pada alat-alat transmisi listrik yang dianggap vital.

















Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: